Aku Mampu!

Aku ada disituasi dimana fisik memaksa untuk terus kuat tapi secara psikologis capek banget.

Kadang bingung banget ngeliat kehidupan orang lain kok bisa mereka bahagia-bahagia aja. Travel kesana kemari, shopping ini itu, ngelakuin apa aja yang mereka mau. Sedangkan aku tiap hari harus cari uang sambil ngurus anak yang semakin besar rewelnya semakin challenging.

Bukan maksud mau mengeluh tapi kok bisa kehidupan orang lain kok santai begitu. Ya mungkin gak semua orang. Aku masih bingung diluar sana pasti ada ratusan mungkin ribuan single parent yang ribet ngurusin anaknya, gimana cara mereka survive? Aku baru punya anak satu aja pusingnya kaya punya anak sekampung.

Inget banget dulu, dipandang sebagai orang yang lemah, penyakitan, manja, gak bisa ngurus diri selalu mengandalkan orang lain. Sampai harus berkali-kali diingatkan untuk terus kuat, kalau aku bisa dll.

Look at me now!
Siapa bilang aku lemah, manja?
Aku mampu menghidupi keluargaku sendiri sekarang.
Aku mampu cari uang untuk bayar tagihan bulanan, aku mampu cari kerjaan kesana kemari, aku mampu ngurus anak sendiri, aku mampu menghidupi orangtuaku sendiri.

Dan aku masih bertahan sampai saat ini.

Sejak hamil sampai sekarang aku sudah berhasil membuktikan diri bahwa aku memang bisa mengandalkan diriku sendiri. Aku bukan perempuan lemah yang bisanya cuma nyusahin orang, ganggu kesibukan orang, menadahkan tangan minta-minta sama orang lain.
Aku bisa!
Walaupun di satu sisi aku harus mengorbankan kebahagiaan diriku sendiri.
Sibuk membahagiakan oranglain kadang membuat kita lupa sama diri sendiri.

Terkadang ditengah kesibukan tiba-tiba ngeliat kehidupan orang lain yang penuh kebahagiaan itu rasanya... ntahlah dibilang iri juga bukan tapi kok nyesek gitu.
Pengen juga rasanya kaya perempuan-perempuan itu. Punya barang mewah, kerjaannya santai dirumah, keluar shopping hangout sama temen, punya anak seakan2 tanpa beban.
Aku sih gak menganggap ini beban. Semakin berat kehidupan yang aku jalanin semakin lebar aku tersenyum. Kenapa? Karena aku mampu ngejalanin ini semua disaat mungkin orang-orang itu gak mampu menjalani apa yang aku hadapi sekarang.

Aku bahagia mengurus anakku sendiri, tetap memberikan ASI dari pertama kali lahir sampai sekarang gak peduli betapa sibuknya badanku, melihat dia sehat, merawat dia waktu sakit, menyediakan kesabaran atas kerewelannya, semua hal yang terasa berat untuk ibu baru aku jalani.

Aku bahagia menafkahi keluargaku sendiri. Bahagia ngeliat badanku yang harus kesana kemari, ngurusin ini itu, badan seakan-akan harus dibelah seribu, ngatur waktu cuma untuk dapat uang untuk kehidupan keluarga. Seringkali otak berfikir, tangan kiri dan kaki ngurusin anak, tangan kanan makan dll deh. Tapi aku masih mampu hidup, walaupun kadang stres juga ngerjain semua hal sekaligus macam robot yang diprogram pakai komputer.

Tapi ya gitu, kadang kalau punya waktu sebentar untuk mikirin diri sendiri tiba-tiba rasanya kesepian. Rasanya pengen nangis tapi gak bisa saking sibuknya ngurusin orang lain. Apalagi sekarang punya anggota keluarga baru. Suami istri baru yang kelihatan bahagia banget. Padahal ya mungkin mereka punya tantangan hidup mereka sendiri yang mungkin mereka anggap berat. Tapi tetep aja punya pasangan suami istri bahagia di dalam rumah sendiri itu rasanya nyess banget. Belum lagi istrinya santai aja dirumah plonga plongo gak perlu mikirin ngurus anak, gak perlu mikirin kerjaan, gak perlu mikirin nyari duit.

Kadang sedih gak tau harus gimana mengobati capek psikologis ini. Mau share ke orang, orang juga gak paham keadaan kita. Lagipula apa juga yang bisa mereka lakuin selain prihatin. Satu-satunya cara ya ngejalanin aja. Ketawa kalau pengen ketawa, nangis kalau pengen nangis, ngeluh kalau pengen ngeluh. Biar gimanapun aku ya manusia juga.

Ngeliat temen-temen ngebet banget nikah, ngeliat temen masih santai-santai hidupnya kuliah belum kelar tapi masih bisa ketawa gak perlu mikirin anak, gak perlu mikirin gimana caranya menghidupi orangtua, ngeliat temen udah pada nikah tapi hidupnya santai aja, ngeliat temen punya anak tapi gak capek ngurusin asinya malah bisa ditinggal hangout sama temen-temen. Rasanya... KOK BISA????

Satu hal yang bikin emosiiiii banget pas mereka dengan santainya bilang "Siapa suruh cepat nikah, siapa suruh punya anak?" atau "Kenapa juga dulu nikah?Kalau gak mau repot ngurus anak kenapa nikah?"
Rasanya pengen bilang NTAR LIAT AJA KALAU LU PADA UDAH NIKAH DAN PUNYA ANAK. huh! Mereka pikir mereka bakal santai selamanya apa ya. Suatu saat nanti mereka juga bakal tua, bakal nikah, bakal punya tanggung jawab besar.
Tapi ya begitulah dimaklumi aja kan mereka belum ngejalanin.

Aku gak malu punya status begini. Aku gak malu hidup dengan bekerja keras. Aku gak malu punya harta dari hasil keringet sendiri walaupun gak seberapa. Aku gak malu udah bisa menafkahi keluarga dan orangtuaku. Aku gak malu gak bisa hangout karena harus ngurusin dan mendidik anakku. Aku gak malu bisa gantiin posisi papaku sekaligus jadi ayah bagi anakku sendiri. Aku gak malu karena mampu ngelakuin ini sendirian. Aku gak malu!

Karena dasarnya aku perempuan dan perempuan harus mampu melakukan apapun sendirian. Perempuan mampu hamil dan melahirkan ketika gak ada satupun laki-laki yang mampu ngejalanin itu. Aku mampu jadi ibu walaupun dengan penuh kekurangan. Aku mampu walaupun gak punya penopang, gak punya tempat untuk berkeluh kesah, gak punya tempat untuk meringankan beban sebentar, gak punya orang yang mau mendengarkan, gak punya tempat untuk nangis. Aku mampu terus-terusan kuat di depan semua orang agar mereka selalu kuat menjalani kehidupannya.

Aku mampu kan!
Aku yang dulu bukan aku yang sekarang. Semua sudah berubah.
Mungkin dulu aku lebih banyak butuh orang lain, lebih suka minta diperhatikan orang lain, lebih suka bersama orang lain, lebih mau menjalani dengan orang lain.
Sekarang aku ngejalanin hidup seperti yang orang lain mau.

Hidup sendiri, gak perlu ngerepotin orang lain, gak perlu berharap dengan orang lain, gak perlu ngatur orang lain.

Bersyukur dan bersyukur aku kuat.
Allah swt memang gak pernah ngasih takdir yang gak bisa kita jalani.
Bersyukur dan bersyukur
Untung aja hidup cuma sementara, gak lama.
Suatu saat nanti ada balasannya.
Semua perjuangan ini gak akan sia-sia.

Aku perempuan dan aku mampu!

1 komentar:

  1. cerita lo mirip sama gw... 1 tahun bertahan. and you know what, dia adalah Muhammad Luthfi tmen kuliah lo

    BalasHapus

Leave your comment here :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...