Akhirnya Aku Memilih Menikah



Aku sebenernya butuh waktu sebulan dan berjam-jam lebih karena bingung gimana caranya posting soal wedding. Saking lamanya jadi malas pengen nulisnya, tapi kalau gak nulis lama-lama bakal hilang gitu aja dimakan tahun kenangannya. Aku mungkin sudah beratus-ratus kali bilang kalau aku gak mau nikah muda, ternyata takdir menunjukkan jalan lain. Akhirnya aku memilih menikah.

So setelah mengelilingi beberapa blog temen yang tahun lalu pada nikah. Well aku coba nulis random things yang penting ada ajalah. (Males banget kesannya)

Well, honestly weddingku ini mungkin wedding paling messed up di seluruh dunia. Dimana-mana dibelahan dunia manapun namanya wedding itu persiapannya matang. Kalau aku cuma butuh kurang dari 3 bulan dan itu pun baik aku ama calon suami gak ngehandle apa-apa. Si calon suami tugasnya nyari duit buat nikahan, sedangkan segala A sampai Z nya diurus sendiri sama mamah yang super rempong sendiri. Jangan sekali-sekali meniru persiapan wedding seperti ini kalau mau semuanya sesuai dengan yang kalian impi-impikan.

Aku udah pernah nulis lebih dari satu tahun lalu mengenai apa yang aku pengen kalau seandainya aku nikah nanti. Silahkan baca lagi disini : http://vtrabrainylicious.blogspot.com/2011/12/me-and-marriage-1.html

and you know what??? None of them come true. Gak ada satupun dari apa yang aku impi-impikan dari tulisan itu terjadi. Sedih sih sebenernya, semua orang pasti mengharapkan menikah sekali seumur hidup, dan kalau ini cuma pengalaman yang terjadi sekali selama aku hidup berarti aku sudah kehilangan kesempatan satu-satunya untuk mewujudkan impian satu-satunya. So that’s why I’m telling you that DON’T TRY THIS IN YOUR LIFE, okay!

I got engaged on September 7, 2012. Gak seperti prosesi lamaran orang-orang yang pake prosesi, pakai kebaya dll. Proses lamaranku cuma calon suami ama kakaknya dari Sulawesi datang ke Samarinda dengan maksud ngelamar aku. Di rumah di Samarinda udah ada kakak-kakaknya mamah yang nerima mereka berdua. Ntah apa yang diomongin mereka juga aku gak denger. Intinya masalah mahar dll itu lah. Keluarga pada kumpul dirumah ya gak beda jauh ama acara traktir-traktir makan ulang tahunan. Aku pakai baju yang di endorse Kak Mitha karna emang lagi-lagi aku gak pernah punya baju cukup cantik untuk jadi perempuan. Semua baju dari acara lebaran, acara lamaran ya bajunya dia semua, yang kadang baru dia beli malah aku yang pakai duluan hahaha.

Setelah itu mamah jadi super rempong sendiri. Dia gak mau tau pokoknya segala jenis persiapan cuma dia yang boleh handle. Aku bahkan gak punya kesempatan apa-apa untuk terlibat dalam persiapan pernikahan. Aku pengen pakai baju nikahnya Dian Pelangi pun jadi gagal total karena mamah ngotot dia yang milihin baju dan segala perlengkapannya. Acaranya di Samarinda udah kebayang banget deh bakal sepinya gimana, udah jauh, tiket mahal dan bukan masa liburan.

Kurang dari seminggu sebelum hari H aku pulang ke Samarinda. Dan yang dikhawatirkan pun memang kejadian. Semua hal dikasih tema HIJAU yang notabene warna kesukaan mamah sendiri. Bayangin aja rumah hijau, dekor hijau, undangan hijau dan hijaunya itu yah hijau rumput segar udah kaya nikah di hutan yang daunnya masih pada seger. Kecewa pasti lah. Souvenir juga isinya bros jilbab, kipas yang standar2 itulah. Udah gitu mahal pula, coba kalau cari di mangga dua mungkin gak seberapa harganya.

Ini mah judulnya nikahan mamah bukan nikahan aku. Satu-satunya yang bisa aku lakuin ya pasrah doang. Pertama karna aku anak satu-satunya jadi dia berhak ngotot sengotot-ngototnya. Kedua mamah adalah sponsor terbesar acara ini, semua hal dia semua yang ngurus terus kita mau protes gimana? Biarlah dia bahagia sekali seumur hidup.

Udah gitu belum lagi soal undangan. 3 hari sebelum hari H aku baru ngasihtau semua teman-temanku kalau aku mau nikah. Karena di Samarinda aku jadi kehabisan ide mau ngundang siapa, semuanya serba last minute, berantakan. Bahkan baru nyari pin BB temen-temen yang lain atau akun twitter mereka setelah diingetin ama anak-anak yang lain. Kacau abis! Semua dosenku protes, temen-temenku di Jakarta protes karena ga ada yang bisa datang dengan last notice begitu.

Yang paling sedih lagi aku gak punya sosok laki-laki. Papah udah meninggal, kakak gak punya, yang dianggap kaya ayah jauh tinggalnya di Amerika, dosenku yang udah kaya ayah sendiri gak bisa datang, Pak BS yang udah kaya ayah sendiri gak bisa datang karena sakit, teman-temanku yang deket gak bisa datang pas akad nikah karena ada yang ujian dll. Jadilah aku malam sebelum nikahan nangis sejadi-jadinya. Untung masih banyak yang mau ngasih support via twitter malam itu.

Sebelum nikah juga ada aja yang mengusik kesabaran. Calon suami potong rambut jeleknya ampun-ampun kaya orang botak dan dia dengan bangga dan pedenya tetap merasa potongan rambutnya oke-oke aja. Beberapa menit sebelum akad nikah mamah sama sepupuku tiba-tiba masuk kamar dengan muka setengah ketawa dan setengah khawatir mengantisipasi aku bakal ngamuk, ngasihtau kalau calon suami datang pakai surban. FYI cuma orang yang naik haji di Samarinda yang pakai surban macam begitu diacara khusus. Yak jadilah mereka berdua mencoba melemparkan berbagai argumen biar aku gak marah. Setelah narik napas berkali-kali, marah sudah di ubun-ubun hasil kesal potongan rambut sampai rasanya mau nginjak-nginjak lantai akhirnya bisa hilang juga. Marah sih hilang betenya masih nempel. Dan akhirnya hilang beneran karena prosesi akad menyita konsentrasi.

Ternyata gak sampai disitu doang ujian kesabarannya. Setelah akad nikah selesai dan harus sesi foto-foto, mamah udah heboh kaya orang kebakaran rumah nyuruh keluar cepat karena tamunya udah pada datang. Ya tamunya bukan tamuku. Berkali-kali terus seperti itu, kebayang banget foto itu kan gak bisa bohong, mukaku yang bete gak bisa gitu aja di potoshop.

Intinya prosesi resepsi pernikahan itu capeknya ampun-ampun. Kepalaku udah ngebawa sanggul berapa kilo, gak bisa makan karena bajunya terlalu nyekak di perut yang ada mual, lama pula harus berdiri salaman sama orang. Yang sedih hampir 90 % tamu yang datang gak kenal sama siapa yang nikah, mereka cuma kenal sama mamah doang. Temen-temenku yang datang cuma hitungan jari itu pun sudah ALLAHU AKBAR banget mereka bisa datang, beberapa bahkan bela-belain terbang dari Jakarta cuma buat datang ke acaraku doang.

Kalau aku boleh saran buat anak muda yang gak suka acara formal lebih baik nikah temanya Garden Party deh kaya nikahannya si Vino G Bastian. Nikahan formal itu cukup di acara akad nikah karena itu sesi paling indah dan gak repot dari acara pernikahan. Dan aku memang punya rencana begitu dari dulu, apa daya takdir menghendaki jalannya yang lain dari yang diimpi-impikan.

Aku nikah tanggal 2 Desember 2012, maunya sih tanggal 12 Desember 2012 tapi karena bukan weekend jadi di majuin. Sehari doang akad plus resepsi diadain di rumah sendiri di Samarinda. Sehari setelah nikah bahkan jauh lebih menyedihkan. Aku gak sempat ngapa-ngapain sama mamah karena diangkut lagi ke Palu. Mamah melownya udah kaya anak bayi yang kelaperan minta susu. Nangis mulu semingguan, aku jadi merasa kaya anak durhaka gitu jadinya, gak pernah ngasih kesempatan ibu sendiri untuk puas hidup sama anaknya. Waktu SD mamah gak puas ngebesarin aku karena harus ngurusin papah yang sering check up juga di Jakarta, SMP pasca papah meninggal kita sibuk merecovery diri masing-masing yang sedih gak karuan, SMA setelah sempat masuk asrama setahun kemudian aku tinggal ke Amerika dan akhirnya kuliah pun harus ditinggalkan pergi ke Jakarta. Mamah punya impian buat hidup sama aku setelah aku wisuda, apa daya belum wisuda aja malah ditinggal nikah hidup sama orang lain. Gak cuma itu malah sehari setelah nikah aku udah tega ninggalin dia lagi sendirian dirumah. Silahkan bayangkan aja kalau kalian yang digituin sama anak perempuan kalian satu-satunya.

Well setelah apa yang terjadi bukan berarti aku gak bersyukur. Aku sangat sangat bersyukur menjadi satu dari sedikit orang yang diijinkan Allah swt menyempurnakan agamanya melalui nikah. Masih diijinkan Allah swt untuk mengganti dosa-dosanya jadi perbuatan yang mendatangkan pahala dengan menikah. Yang paling penting itu kan esensi dari pernikahannya, walaupun acaranya gak sesuai dengan apa yang aku mau karena harus mempertimbangkan kondisi orang lain.

Dengan menikah juga aku jadi lebih menghargai orangtua, apalagi mamaku sekarang lagi bingung gimana caranya jalanin hidup sendirian di Samarinda sana tanpa papah. Dengan menikah juga aku belajar menghargai orang lain yang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Dengan menikah juga aku baru tau yang namanya cinta itu anugerah dari Allah swt. Cinta yang datangnya dari Allah swt itu seperti cinta orangtua ke anaknya, tapi itu kan memang lumrah dan harus dimiliki setiap orangtua. Kalau tiba-tiba dua orang yang gak saling kenal kemudian punya cinta seperti yang pernah dikasih sama orangtua itu baru cinta yang datangnya dari Allah swt. Susah sih ngejelasinnya gimana, yang pasti beda banget sama cinta-cintaannya orang lagi pacaran mau selama apapun. Di dalam cinta yang datangnya dari Allah swt itu ada syukur, sabar, ikhlas, bahagia dll, itulah yang menjadi alasan kenapa orang macam Habibie sama Ainun itu bisa saling mencintai sampai akhir hayat.

Yang pasti proses menikah itu gak mudah, proses setelah menikah tambah gak mudah. Semua proses punya tekanannya masing-masing baik itu untuk lahir maupun batin. Aku baru mulai semua proses itu dan aku tau walaupun baru melangkah untuk yang pertama kali sudah banyak tekanan yang harus dihadapi, tapi setiap langkah harus dijalani dan harus belajar agar tetap bisa melangkah ke kehidupan selanjutnya yang lebih tidak mudah lagi.

Yang mau kasih doa silahkan, tapi jangan doain cepet dapet anak ya please beribu please. Masih banyak hal yang harus aku taklukkan di dunia ini oleh diriku sendiri, yang gak akan mungkin aku taklukkan kalau harus punya rahim yang isinya calon manusia yang akan tumbuh dan berkembang. Lagian kasian dia kalau aku gak bisa menyelesaikan tanggung-jawabku sebagai manusia gimana aku bisa menyelesaikan tanggung-jawabku untuk mendidik calon manusia lain yang datang dari rahimku? Sabar ya nak, calon ibumu ini harus menggapai impiannya dulu, menaklukkan semua tantangan yang ada di dunia ini, menginjakkan kakinya di berbagai belahan dunia dan menulis sejarah hidup yang pantas untuk di banggakan baru aku bisa mengajarimu untuk jadi manusia yang kuat dan hebat. Ijinkan aku membuktikan kepada diriku sendiri ya nak, agar nanti kamu punya panutan yang tepat dan bisa jadi yang jauh lebih hebat.


1 komentar:

  1. Fitra pake sudut pandang lain.. Impian permikahan ga sesuai kenyataan berarti blm rezki.. Say hamdallah fitra bs menikah n mudah2an lbh dewasa lg lbh sabar n bersyukur dlm hdp.. Aminnnn keep spirit

    BalasHapus

Leave your comment here :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...