Mr. English makes me perfect. . .


Weleh-weleh Mr. English yang dimaksudkan disini itu bukan si bule ganteng yang datang jauh2 dari negeri seberang, yang ngomongnya aja pake british accent. Bukan bule yang ada di acara bule gila di layar kaca Indonesia. Bukan juga bule yang kerjanya saingan sama ikan asin di pantai kuta.

Mr. English disini gak lain dan gak bukan adalah oknum-oknum atau para tersangka....( membiarkan pembaca menebak sejenak)...... ehhhhh bukan tersangka yang ada di Insert Investigasi eh salah ding di Buser Investigasi, tapi yang aku maksud disini adalah orang2 yang berada di balik layar, siap dengan piagam penghargaan atas tercapainya keberhasilan aku menaklukan bahasa yang kata orang2 bahasa Internasional itu.

Zaman dulu bahasa Inggris itu belum di ajarkan sebelum aku menginjakkan kaki di kelas 5 SD. Padahal sekarang liat aja jangankan anak SD kelas satu, playgroup aja sudah ada yang belajar bahasa Inggris, sampai2 aku sempat iri melihat adek sepupu aku yang baru naik kelas 2 SD sudah bisa main sambel eh scrable, sementara waktu aku seumuran dia, bukannya nyusun kata2 diatas papan malah ngehilangin alphabet2nya xD.

Well, aku masih yakin dengan penuh kesadaran bahwa guru bahasa Inggris pertama aku namanya Mr. Suriansyah,S...(isi sendiri aja lah pak). Kalau di ingat2 (sapa tau aja sudah berubah) guru bahasa inggris aku waktu kelas 5 SD ini gak jauh2 beda dengan gayanya MJ (bukan Mbah Jamu tapi Michael Jackson). Postur tubuh beliau boleh aja kurus kecil tapi kalau jalan badannya tegap, tangannya tuh ya selalu di belakang pinggang (persis posisi seluruh peserta upacara hari Senin kalau komandannya bilang “istirahat ditempaaaaatttttt graaaaaakkk!!!!”), senyumnya lebar, kalau ngomong bahasa Inggris persis Obama dan mampu membuat mulut mungil yang kadang bau bakso milik murid2nya itu gak bisa mingkem setengah jam. Gak lupa juga kalau beliau selalu bilang “tuh anak2 kelas 6 ada yang sudah bisa ngomong bahasa Inggris, masa kalian kalah” (plis deh pak kelas 6 gitu loh).

Mr. Suriansyah ini sering bikin game di kelas. Dari yang ngelanjutkan alfabet belakang kata dengan kata baru sampai game bisik2an siswa belakang sampai depan, dari yang hukumannya di suruh nyanyi sambil joget sampai dapat hadiah kamus Oxford yg isinya English to English (WTH!). Yah setidaknya beliau sudah berjasa membuat aku semangat belajar bahasa Internasional itu.

Yang kedua ini cerita zaman SMP. Kata orang SMP itu masa2 mencari jati diri, roknya aja udah ganti jadi biru, pakai acara kos”MOS“ pula ( bagi aku yag lugu ini aku pikir itu ultraman kosmos yg lagi hot2nya di Indosiar). Makhluk2 di dalam kelas pun udah beragam, sebagian teman2 SD aku sendiri, sebagian banyak lagi gak tau anaknya siapa. Memang sih di kelas 1 SMP aku udah di ajarin bahasa Inggris oleh 2 guru, 1 guru yang lain khusus pelajaran conversation. Tapi bukan para guru itu yang bener2 bisa buat aku seriusan belajar bahasa Inggris.

Ini berawal dari semester 2. Aku gak tau bagaimana mendeskripsikan perasaan aku, cinta monyet atau monyet2an xP. Yang pasti aku jatuh hati pada pandangan kesekian (LOL) tapi boleh jadi ini yang pertama kalinya perasaan aku ditanggepin sama seorang makhluk bumi disebut “cowok”. Namanya juga first love, aku bela2in deh ngapain aja buat selalu ada di dekat dia. Nah kebetulan si “ganteng” ini pinter banget bahasa Inggris. Dikit2 kalau smsan ngomongnya bahasa Inggris, pokoknya jago bener dah. Alhasil aku cari tau dimana dia les bahasa Inggris. Gak taunya pas aku lagi iseng2 jalan ke Mall aku ketemu dia lagi nongkrong2 di depan tempat les bahasa Inggris, bak gajah jatuh dari pohonnya (kasian T.T) aku langsung aja tanya2 sama mba penjaga tempat les yang lagi asoy geboy di kursi depan meja kerjanya.

“mba mba si “ganteng” les disini ya mba?”

mbanya bilang iya, terus aku tanya lagi

“mba mba level dia apa?”

mbanya bilang “ohh dia udah jauh banget dek”

trus aku tanya lagi “kalau saya daftar boleh masuk kelas itu gak mba?”

kata mbanya lagi kalau aku mau les disana ntar di test dulu masuk level apa dan kalau emang memenuhi sih bisa aja masuk levelnya dia.

Bukan aku namanya kalau gak berjuang sampai titik darah penghabisan. Dengan muka sok2 melas dan dengan visi misi yang cemerlang aku sampaikan proposal permohonan les aku sama mama dengan syarat wajib “pokoknya waktu daftar mama harus bilang kalau aku cuma mau masuk di level itu!(sebut saja level SUPER EXPERT) ok!!”. Dan akhirnya berhasillah diriku masuk ke level SUPER EXPERT itu TANPA TEST apapun. Benar2 gigih semangatmu nak!.

Hari pertama les super deg2an, secara si “ganteng” gak tau aku bakal les dan masuk di kelas yang sama. Pilih baju paling bagus, pilih sepatu paling bagus, pilih buku paling bagus dan siapin mental paling mantep. Sampai di tempat les aku sengaja telat biar gak ketahuan si “ganteng” dan TARAAAA!!!!! berhasil! Dia kaget luar biasa. Jadilah di kelas itu kerjaan kita pandang2an ( tujuan aku bukan belajar bahasa Inggris tapi memaksimalkan frekuensi kita untuk ketemuan :P) yeaa I was such a freak!.

Karena emang dasarnya aku gak tau apa2 soal bahasa Inggris si miss tanya2 aku pake bahasa Inggris, lhaa ya akunya ngangguk2 aja jawab Yes No YES NO. Hampir seisi kelas tertawa ( untung aja isi kelasnya anak2 satu sekolahan aku yang rata2 memang aku kenal).

Nah si Miss tanya lagi nih dalam bahasa Inggris

“ Fitra, suara kamu serak2 gitu kamu sakit?”

gara2 sedetik sebelumnya pertanyaannya kamu sekolah dimana? jadilah aku jawab

“ SMP 1 miss”

kontak seisi kelas ketawa gak jelas.

Lalulah si “ganteng” bak pangeran penyelamat menjawab pertanya2an dari Miss nya untuk aku, bayangin UNTUK AKU!! gimana gak bahagia coba HAHAHAHA!! Semenjak saat itu aku jadi semangat belajar bahasa Inggris. Gak tanggung2 sampai kemanapun, dimanapun dan kapanpun aku selalu bawa kamus bahasa Inggris yang mampu nimpuk 3 kepala anjing tetangga dengan suksesnya. Jadilah si “ganteng” yang notabene bukan guru bahasa Inggris tapi “cinta pada pandangan kesekian tapi yang pertama yg merespon cintaku” yang berjasa membuat aku bisa bener2 ngomong dan ngerti bahasa Inggris. Kalau gak ada dia mungkin aku gak bisa sesukses ini. Benar2 “love has a huge influence in the world!”. Thanks “ganteng” xP dan thanks juga Mr. MJ. LOL!

2 komentar:

Leave your comment here :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...